4 Cokelat untuk Kesehatan



Takut mengkonsumsi cokelat karena karena menyebabkan kegemukan atau jerawat? Sebaiknya pikir-pikir lagi. Karena Cokelat terbukti bisa bermanfaat juga bagi kesehatan.


Namun, tak semua cokelat yang bisa menyehatkan tubuh kamu. Para ahli patologi telah menemukan beberapa cokelat yang bisa bermanfaat bagi kesehatan. Cokelat terbuat dari biji kakao yang kaya akan senyawa bernama flavonoid yang juga terdapat pada daun teh.

Flavonoid inilah yang berperan sebagai antioksidan, menetralkan efek-efek buruk dari radikal bebas yang dapat menghancurkan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh.

Cokelat juga mengandung theobromine, senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan yang dapat menstimulasi sel saraf sehingga menimbulkan perasaan bersemangat dan segar. Selain sebagai stimultan, theobromine dipercaya memiliki mood elevating effects yang bisa menimbulkan perasaan nyaman dan menghilangkan stress.

Berikut ini adalah beberapa jenis cokelat yang tergolong bermanfaat bagi tubuh :

Cokelat Tawar
Cokelat tawar memiliki preseantase Kakao antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik flavor-nya. Biasanya jenis cokelat inii digunakan untuk kue, cake dan aneka makanan lainnya.

Cokelat Susu
Cokelat susu terbuat dari campuran gula, kakao, cokelat cair, susu, dan vanila. Kandungan susunya membuat rasa menjadi lebih lembut. Selain kandungan cokelatnya relatif sedikit, cokelat ini mudah hangus bila dilelehkan.

Cokelat Putih
Cokelat kakao mengandung massa kakao yang tinggi. Selain itu kelebihan cokelat putih ini adalah terbuat dari lemak cokelat, gula, dan vanili yang tidak mengandung cokelat padat.

Couverture
Cokelat ini mungkin menjadi cokelat yang terbaik untuk dikonsumsi, Cokelat ini mempunyai persentase lemak kakaonya yang tinggi, sehingga menghasilkan flavor yang sangat baik.